Pages

Kamis, 12 April 2018

Penjelasan pada saat tendangan bebas dalam olahraga Futsal

Assalamualaikum wr wb.

SELAMATA DATANG di Blog saya. Silahkan di Pahami Teorinya, mudah2an dapat membantu anda semua.



Posisi Pemain Saat Tendangan Bebas

Beberapa peraturan tentang posisi tendangan bebas dalam pertandingan futsal yaitu
  • Setiap pemain lawan harus berada pada jarak minimal tidak kurang dari 5 meter dari bola hingga bola berada dalam permainan
  • Bola telah berada dalam permainan jika bola futsal tersebut telah ditendang lalu disentuh atau dimainkan oleh pemain yang lainnya
  • Jika tendangan bebas dilakukan oleh tim bertahan di dalam daerah pinaltinya sendiri, maka semua pemain dari tim lawan harus berada di luar daerah pinalti. 

Jenis Tendangan Bebas 

Macam – macam tendangan bebas yang ada dalam permainan futsal terdiri dari tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Persamaan diantara keduanya adalah posisi bola harus dalam keadaan diam dan tidak bergerak sebelum dilakukan tendangan. Pemain yang melakukan tendangan bebas tidak boleh menyentuh bola untuk yang kedua kalinya sebelum bola tersebut mengenai atau tersentuh oleh pemain lain. 

Perbedaan Tendangan Bebas Langung dan Tidak Langsung

Pengertian tendangan bebas langsung pada permainan futsal adalah sebuah tendangan bebas yang dilakukan salah seorang pemain dan langsung menuju ke arah gawang lawan tanpa diumpan terlebih dahulu kepada teman satu timnya. Apabila tercipta sebuah gol, maka gol tersebut dinyatakan sah oleh wasit. Adapun maksud dari tendangan bebas tidak langsung dalam pertandingan futsal adalah tendangan bebas yang dilakukan dengan memberikan atau mengumpan bola kepada salah seorang temannya terlebih dahulu sebelum bola tersebut ditendang ke arah gawang. Gol hanya bisa tercipta dan dianggap sah oleh wasit jika bola dari hasil tendangan bebas telah menyentuh atau tersentuh oleh pemain lain sebelum akhirnya masuk ke gawang lawan. 

Isyarat Wasit

Pada tendangan bebas langsung, tanda isyarat dari seorang wasit yaitu dengan cara salah satu dari lengan tangannya menunjuk secara horizontal arah tendangan yang hendak dilakukan. Pada kasus terjadinya pelanggaran yang dianggap oleh wasit sebuah pelanggaran yang diakumulasikan maka wasit menunjuk ke arah posisi dimana terjadinya suatu pelanggaran, sedangkan jari dari tangan yang lainya mengisyaratkan kepada wasit ketiga untuk memberi tahu bahwa pelanggaran yang baru terjadi tersebut untuk dihitung sebagai akumulasi pelanggaran.

Sedangkan isyarat wasit pada tendangan bebas tidak langsung dalam futsal yaitu dengan cara sang wasit memberikan sebuah indikasi dengan menaikkan tangan di atas kepalanya dan dia tetap mengangkat tangannya sampai tendangan bebas dilakukan dan bola sudah mengenai atau menyentuh pemain yang lain ataupun keluar dari lapangan permainan. 

Oke seperti itu penjelasaanya. terima kasih banyak sudah inign mampir keruah. :)

0 komentar:

Posting Komentar