Pages

Kamis, 12 April 2018

Pengertian KWH Meter dan Kegunaannya

Sering kita lihat di rumah kita masing-masing bahwa di rumah kita memiliki KWH Meter. 1 Rumah pasti mempunyai 1 KWH Meter, tidak lebih dari satu, karena KWH ini memiliki fungsi yang khusus pada rumah.


Pengertian KWH Meter
   KWH Meter adalah alat penghitung pemakaian energi listrik. Alat ini bekerja menggunakan metode induksi medan magnet dimana medan magnet tersebut menggerakan piringan yang terbuat dari alumunium. Pengukuran Watt atau Kwatt, yang pada umumnya disebut Watt-meter/Kwatt meter disusun sedemikian rupa, sehingga kumparan tegangan dapat berputar dengan bebasnya, dengan jalan demikian tenaga listrik dapat diukur, baik dalam satuan WH (watt Jam) ataupun dalam Kwh (kilowatt Hour).

Pemakaian energi listrik di industri maupun rumah tangga menggunakan satuan kilowatt-hour (KWH), dimana 1 KWH sama dengan 3.6 MJ. Karena itulah alat yang digunakan untuk mengukur energi pada industri dan rumah tangga dikenal dengan watthourmeters. Besar tagian listrik biasanya berdasarkan pada angka-andka yang tertera pada KWH meter setiap bulannya Untuk saat ini. KWH meter induksi adalah satu-satunya tipe yang digunakan pada perhitungan daya listrik rumah tangga.

Bagian-bagian utama dari sebuah KWH meter adalah kumparan tegangan, kumparan arus, sebuah piringan alumunium, sebuah magnet tetap, dan sebuah gir mekanik yang mencatat banyaknya putaran piringan. Jika meter dihubungkan ke daya satu fasa, maka piringan mendapat torsi yang membuatnya berputar seperti motor dengan tingkat kepresisian yang tinggi.

Oke mungkin itu saja penjelasan KWH Meter dari saya. Senang saya bisa membantu anda, dan mudah2an apa yang saya sampaikan dapat dimengerti :)

0 komentar:

Posting Komentar